Persiapan sebelum mendaki gunung:Latihan fisik

oleh pada Rabu, 27 Oktober 2010
Persiapan sebelum mendaki gunung:Latihan fisik Bandung — 
 Kita sering menyepelekan hal demikian,sewaktu kita merencanakan akan melakukan pendakian.Padahal kalau boleh jujur,kegiatan ini ikut menunjang kenyamanan Anda selama berada di alam bebas nanti.Apakah nyaman jika di hutan,sedikit berjalan dengan beban di pundak saja membuat kita cepat ngos-ngosan.Apalagi sesuatu yang fatal jika punggung kita kecetet/linu karena belum terbiasa dengan beban ransel yang di pakai.

Untuk itu latihan fisik sangat di sarankan untuk meningkatkan stamina kita agar selalu prima selama menjelajahi hutan.Dan latihan fisik yang baik adalah jauh hari sebelum kegiatan mendaki gunung benar-benar dilaksanakan dan tentunya latihan itu berhubungan dengan kegiatan yang akan kita lakukan.

Awali dengan pemanasan berupa peregangan anggota tubuh dari atas ke bawah,hitung 1-8 dengan 2 kali hitungan,pergerakan dilakukan tanpa menggerakkan anggota tubuh terlebih dahulu(statis)
setelah itu lakukan peregangan dimana anggota tubuh ikut di gerakkan(dinamis).

Lalu bisa loncat-loncat kecil ataupun lari jogging untuk memanaskan suhu tubuh.Terus inti dari latihan:Anda bisa lari memutari stadion beberapa kali putaran,ini untuk meningkatkan kapasitas kerja paru-paru Anda.
Perlu diketahui,jika Anda mendaki gunung di ketinggian lebih dari 3000 Mdpl Anda akan merasa sulit untuk bernafas,bukan aneh karena memang kandungan oksigen disana sudah mulai melemah.Jadi berlari adalah latihan yang sangat di anjurkan bagi seseorang yang akan mendaki gunung.

Setelah berlari Anda bisa bersimulasi dengan berjalan naik turun tribun penonton di stadion sepakbola.Kegiatan ini bisa dikatakan membuat kaki Anda terbiasa dengan perjalanan yang akan dilalui.Akan lebih baik jika kita juga membawa beban yang sama yang akan kita bawa selama perjalanan nanti.

Beruntung bagi Anda yang tinggal di kota besar,karena Anda bisa memanfaatkan tangga di mall sebagai simulasi/percontohan.Bolehkan kita lakukan dengan beban batu/barbel 10 kg di tas?Asal tidak terlalu mencolok aja biar tidak dikatakan gila.hehehe....

Berapa kali kita harus melakukannya sebelum pendakian?

Teknik latihan yang pernah saya dapat dari salah satu senior saya adalah latihan sistem tanjakan-puncak-turunan(istilah sendiri).Detailnya sebagai berikut:Jika Anda memutuskan untuk mendaki gunung yang berketinggian di atas 3000 Mdpl dan Anda harus mengantarkan 10 teman yang kali pertama mendaki gunung,maka Anda bisa terapkan cara ini bersama mereka.

3 minggu sebelum berangkat Anda sudah harus melakukan latihan.Buatlah semacam diagram sederhana.Selama 3 minggu atau 21 hari Anda lakukan latihan dimana kualitas di tingkatkan dari waktu ke waktu.Titik puncak berada pada hari ke 10,setelah melewati hari kesepuluh kualitas latihan diturunkan sedikit demi sedikit hingga latihan di hari terakhir sama dengan latihan di hari pertama.

Targetkan titik tertinggi berapa putaran saat lari mengelilingi stadion yang ingin Anda capai?atau berapa kali Anda harus naik turun tangga tribun?Misalkan Anda ingin mengelilingi stadion 10 kali putaran,jadi hari pertama Anda memulai cukup satu putaran saja.Besoknya 2 putaran,lusa 3 putaran hingga sampai hari 10 Anda sanggup berlari mengelilingi stadion sebanyak 10 putaran.

Dan pada hari ke sebelas putaran di kurangi 1 kali hingga hari terakhir Anda cukup mengelilingi stadion 1 putaran saja.Dijamin pendakian Anda akan merasa prima dan tubuh Anda cukup terbiasa dengan kondisi ekstrim di gunung.

Jika Anda mempunyai latihan lain bisa di share dengan berkomentar di bawah ini.Artikel di atas saya dapatkan dari pengalaman nyata saat dibimbing senior kami sebelum mengadakan ekspedisi pendakian ke gunung Arjuna dan Welirang bersama 32 teman.
Sumber gambar:http://www.detikhot.com/images/abg/redevelop/popstyle/popstyle/coolstuff/2008/6/18/coolstuff_IFRD06169272_i.jpg

Terkait